Jumat, 31 Oktober 2014


Tips Belajar Yang Menyenangkan

Berikut ini ada beberapa tips belajar yang bisa anda coba agar anda lebih mudah memahami sebuah pelajaran, diantaranya:
1. Belajar bukan hanya menghapal
Belajar yang baik adalah dengan cara menghapal pelajaran. Hal itu sama sekali tidak betul. Menghapal bukanlah cara yang efektif untuk belajar. Sebelum kita menghapal suatu pelajaran sebiaknya kita mengerti dan memahami materi pelajaran tersebut.
2. Lebih banyak membaca
Membaca bisa memperluas ilmu pengetahuan kita. Untuk mengetehaui lebih banyak materi pelajaran maka sebaiknya perbanyak membaca, sehingga lebih banyak buku yang kita baca maka semakin luas ilmu yang kita dapatkan.
3. Catatlah inti materi pelajaran
Kedengarannya memang tidak perlu, namun ternyata ini cukup penting. Denan mencatat inti materi pelajaran maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengingat dan menghapal materi yang penting dan juga memudahkan kita dalam menemukan jawaban.
4. Pilihlah waktu yang tepat
Belajar yang efektif harus memerlukan waktu yang tepat. Jika kita belajar pada saat yang kurang tepat maka materi yang sedang kita pelajari tidak akan maksimal tersimpan di otak kita, misalnya ketika mata sudah sangat mengantuk, maka tidak akan bisa membuat kita konsentrasi dalam belajar, oleh karena itu pikiran dan juga badan harus dalam keadaan fresh agar materi lebih mudah dimengerti dan dipahami.
5. Ciptakan suasana yang nyaman
Buatlah ruang khusus belajar, meskipun ruangan tersebut tergabung dalam kamar anda, karena suasana yang nyaman bisa membuat pikiran menjadi tenang sehingga materi pelajaran yang akan kita pelajari akan lebih cepat diterima otak.

1 komentar: